Kasus Alsintan Sudah Ditingkatkan Ketahap Penyidikan

78

SELAPARANGTV.ID – Kejaksaan Negeri Lombok Timur mengusut tuntas dugaan keterlibatan sejumlah pihak dalam kasus dugaan Penyelewengan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) pada tahun 2018 lalu.

“Kasus ini sudah dinaikan dan sekarang sudah masuk penyidik,” kata Kasi Intel Kejari Lotim L. Mohammad Rasydi, Rabu (13/01).

Rasydi menerangkan, sebelum kasus ini ditingkatkan menjadi penyidikan, Kejari Lotim lantas melakukan pemeriksaan terhadap puluhan orang untuk memperoleh keterangan terkait seputar pendistribusian Alsintan.

Dan saat ini kasus tersebut lagi dalam proses perhitungan oleh Badan Pengawasan Barang dan Jasa (BPKP) untuk menghitung kerugian negara dalam proyek pengadaan barang dan jasa “Alsintan”

“Kita sudah mengajukan surat ke BPKP untuk melakukan perhitungan atas kasus tersebut, baru kita tau berapa kerugian negara dalam proyek ini,” kelasnya.

Sementara itu kata Rasydi, kasus ini mulai disusun pada tahun 2020 lalu, sebab ada beberapa kejanggalan didalam program bantuan Alsintan tahun 2018.” Adanya indikasi penyelewengan beberapa jenis barang bantuan yang didistribusikan sehingga tidak sampai ke masyarakat yang mendapatkan bantuan,” kata Rasydi.

“Kita berharap apa yang telah kita lakukan ke BPKP dengan mengirim surat tersebut, pihak BPKP merespon agar segera turun melakukan perhitungan kerugian negara, agar kasus ini cepat selesai,” harapnya (STV-03)