2021 Mendatang, FJLT Melaksanakan Dua Program untuk Kemajuan Lombok Timur

44

SELAPARANGTV.ID – Menjelang akhir tahun 2020 seluruh wartawan tergabung dalam Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) menggelar rapat kerja di Cafe Mogen Komplek Pertokoan Pancor (PTC) Kamis, 31 Desember. Rapat kerja tersebut menghasilkan dua program besar untuk kemajuan Daerah Lombok Timur.

Program yang dimaksud yaitu festival jurnalis pariwisata dan pelatihan jurnalis untuk masyarakat, dimana program tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang.

Ketua Forum Jurnalis Lombok Timur, Rusliadi menyampaikan, 2021 mendatang tepatnya bulan Februari sudah mulai terlaksana program festival jurnalis pariwisata yang diawali dengan workshop oleh para peserta dari kalangan siswa SMA dan SMK se Lotim , setelah itu dilanjutkan dengan terjun menulis karya jurnalistik ke dua puluh (20) destinasi wisata terbaik di Lotim.

“Para peserta akan berlomba menulis berita wisata dari 20 destinasi wisata terbaik di Lotim, kemudian dari 20 karya terbaik akan dirangkum menjadi sebuah buku Ensiklopedia 20 Pariwisata Lotim. Buku tersebut nantinya sebagai wadah informasi wisata terbaik di Lotim,” ucapnya.

Ke depan, acara festival tersebut tidak hanya mengupas tentang pariwisata Lotim. Akan tetapi ajang tersebut sebagai awal kontribusi dari para jurnalis dalam membangun suatu daerah yang berkesinambungan.

Dalam kegiatan tersebut nantinya FJLT akan menjalin kerjasama dengan beberapa pihak diantaranya Pemda Lotim, Dikbud Provinsi, Sekolah Tinggi Pariwisata ( STP) Mataram dan juga Komunitas Fotografer Indonesia (FKI).

Tidak sampai disitu FJLT juga bakal melaksanakan program pelatihan jurnalistik untuk masyarakat Lotim, dan kerjasama dengan Forum Koordinasi Kepala Desa Lombok Timur (FKKD).

Sementara itu, menjawab program yang akan dijalankan oleh FJLT, Dewan Penasehat FJLT, Lalu Kamil menyampaikan program pelatihan jurnalistik untuk desa ini sangat bagus dan itu sangat direspon oleh kepala desa seperti yang dilaksanakan di Desa Sepit, Kecamatan Keruak yang melibatkan Bidang Kapasitas FJLT.

“Ini peluang bagus, maka dari itu diharapkan anggota FJLT serius memberikan pelatihan dan pemahaman bagi masyarakat kita tentang jurnalistik ditingkat desa,” tutupnya. (STV-03)