Tahun 2021, PDAM Pastikan Laporan Keluhan Pelanggan Tidak Ada

79

SELAPARANGTV.ID- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lombok Timur sebagai penyedia air bersih terus berupaya melakukan peningkatan kualitas pelayanan ke pelanggan. Dengan memastikan ketersediaan air selalu ada dan tersuplai ke pelanggan sehingga para pelanggan tidak lagi merasakan keluhan terhadap tidak optimalnya pelayanan dari PDAM.

Untuk mewujudkan hal itu Direktur PDAM bakal membuat terobosan sistem baru untuk memastikan tidak ada laporan pengaduan dari pelanggan baik itu keran macet, air tersumbat dan laporan tagihan pembayaran yang membengkak.

“Tahun 2021 mendatang kita akan mengadopsi sistem pelayanan yang digunakan PDAM Giri Menang Lombok Barat dan itu kita sudah persiapkan dari sekarang, berikut TIM IT kita juga sudah mengikuti pelatihan,” kata Direktur Utama PDAM Lotim Bambang Suprayitno
Kamis, (15/10).

Bambang menyebutkan, sistem baru tersebut akan bekerja memantau kondisi jaringan pipa di semua titik pelanggan PDAM, sistem itu juga terkoneksi dengan cctv sebab di dalam pipa terpasang kamera, jadi ketika ada kerusakan dimanapun itu milik PDAM akan langsung terbaca oleh sistem. Sehingga TIM IT PDAM yang memonitoring langsung menyampaikan permasalahan itu ke pelanggan. Dan permasalahan itu segera diperbaiki oleh petugas tanpa menunggu lama.

“Letak pipa bocor, air tersumbat, air pipa kosong, maupun pelanggan belum atau sudah menerima suplai air semuanya akan terlihat pada peta jaringan, peta layanan dan peta penyaluran. Ketiga peta itu saat ini sedang kita buat,” kata Bambang .

Ia berharap program ini nantinya bisa memberikan manfaat kepada pelanggan juga terhadap peningkatan PAD Lotim. Dibanding dengan sistem lama kata dia untuk mendeteksi satu permasalahan membutuhkan waktu yang lama dengan biaya yang besar . Sedangkan sistem baru ini sudah terpantau jika terjadi permasalahan.

Sementara itu, mengenai anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan saat ini pihak PDAM sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lombok Timur.

Jumlah pelanggan PDAM saat ini kata Bambang sebayak 26 ribu lebih, sementara sumber mata air yang ada hanya 13 termasuk mata air sumur bor. Semua sumber mata air itu meskipun dioptimalkan masih belum bisa memenuhi kebutuhan air secara keseluruhan. Apalagi saat ini ada penambahan pelanggan baru sebanyak seribu lima ratus dari program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Sehingga untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut tak menutup kemungkinan akan ada penambahan mata air agar seluruh pelanggan bisa menikmati air bersih. (STV-4)