Musim Kemarau, PDAM Maksimalkan Pelayanan Pelanggan Menggunakan Air Sumur Bor

44

SELAPARANGTV.ID- Adanya keluhan pelanggan terhadap keran air yang sering macet ketika datang musim kemarau . Karena itulah pada bulan lalu Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lombok Timur di panggil hearing oleh DPRD Lotim mengenai kurang efektifnya pelayanan ke pelanggan.

“Agustus bulan lalu kita di panggil hearing ke DPRD mengenai keluhan pelanggan , disana kita sampaikan beberapa kendala termasuk nyusutnya debit air dari sumber mata air yang kita miliki yang menyebabkan tak maksimalnya pelayanan yang kita berikan. Anggota DPRD juga waktu itu kita ajak untuk melihat kondisi Sumber mata air itu,” kata Direktur Utama (Dirut) PDAM. Bambang Suprayitno saat ditemui diruang kerjanya Kamis, (15/10).

Ia melanjutkan, jika sumber mata air itu dipaksakan untuk menyuplai air ke masyarakat akan beresiko terhadap sumber mata air, mengingat susutnya volume mata air sangat jauh sekali dan itu setiap hari terjadi. Untuk itulah kemudian pihak PDAM berinisiatif melakukan suplai air bersih melalui mata air dari sumur bor.

“Kita juga belum bisa memastikan efisiensinya pelayanan yang kita berikan secara keseluruhan. Kita berharap musim hujan ini terus terjadi. Dengan begitu volume sumber mata air kita bisa normal kembali.” ujarnya.

Ia menambahkan Kebutuhan terhadap air ini sangat fundamental sekali, setengah hari saja masyarakat tidak mendapatkan air maka laporan keluhan pelanggan akan bertubi-tubi masuk ke kantor. “Itu semua kita bisa maklumi sebab air itu sangat penting,”tambahnya.

Terhadap laporan itu, ia kemudian berupaya memberikan penjelasan kepada para pelanggan mengenai kondisi sumber mata air yang berkurang di musim kemarau sehingga tidak bisa menyuplai air secara penuh seperti saat kondisi normal.

Sambungnya, pada hearing itu PDAM kemudian diminta untuk mengevaluasi sistem yang dijalankan saat ini. Sebab jika tidak dibenahi maka hearing serta keluhan yang dirasakan pelanggan akan terulang seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tehadap permintaan DPRD tersebut ia bersama semua direksi PDAM melakukan pembenahan sistem dimana data pelanggan disertai no telpon terkoneksi kedalam sistem dan memiliki By Name By Adress. Dengan demikian segala keluhan pelanggan segera teratasi. (STV-4)