Hasil Sensus Penduduk Tahun 2020 Masih Diproses

55

SELAPARANGTV.ID – Sensus penduduk secara online di Lombok Timur hanya mencapai 21 persen, sementara sensus penduduk yang dilakukan secara manual atau tatap muka hasilnya masih ditahap proses.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lombok Timur, Lalu Putradi menyampaikan pelaksanaan sensus penduduk tahun ini menggunakan dua sistem, yaitu sistem online dan sistem wawancara, saat ini sistem online saat ini sudah selesai dan hasinya hanya 21 persen, sementara untuk sistem wawancara masih dalam proses rekap.

“Melalui sistem online baru 21 persen yang mengikuti sementara yang wawancara masih menunggu rekapan dari tiap-tiap kecamatan,”kata Kepala BPS, Lalu Putradi, Selasa, (13/10)

Ia juga menyampaikan, saat ini ia masih menunggu hasil dari petugas sensus ditiap-tiap Kecamatan, sementara itu, sensus penduduk yang menggunakan sistem online itu bisa langsung ke Pusat, tapi sampai saat ini baru 21 persen yang menggunakan sistem online itu.

Lanjutnya, dalam menjalankan sensus penduduk secara wawancara ini, BPS rekrut 1.105 petugas sensus, dari 1.105 ini, petugas sensus ditingkat Desa sebanyak 1.008 orang dan ditingkat kecamatan sebanyak 97 orang. . (STV-5)