Satlantas Polres Lotim Terbitkan 8 SIM D untuk Disabilitas

27

SELAPARANGTV.ID- Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya disabilitas dalam penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) Satlantas Polres Lombok Timur membuka pelayanan penertiban SIM D di Satpas Polres Lotim.

“Jadi pelayanan Satpas tidak hanya penerbitan SIM A, B1/B1 Umum, B2/B2 Umum,” kata Kasat Lantas Polres Lotim AKP.  I Putu Gede Caka Pratyaksa Ratsuko Selasa, (13/10).

Dikatakannya, SIM D ini diperuntukkan untuk pengemudi disabilitas atau berkebutuhan khusus yang ingin mengendari kendaraan. Di mana pemohon SIM D juga telah memodifikasi kendaraannya untuk mempermudah mereka mengendarainya.

“Untuk prosedur penerbitan SIM D tidak jauh berbeda dengan SIM lainnya,” katanya.

Prosedurnya dimulai dari pendaftaran, kemudian registrasi, Identifikasi serta terakhir Uji teori dan juga praktek harus mereka lalui.

Namun untuk uji praktek lanjutnya itu dibedakan. Untuk uji praktek yang diujikan di SIM D ini hanya 3 yaitu uji pengereman, zig zag, dan reaksi rem menghindar.

“Saat uji praktek kita perkenankan mereka memakai kendaraan modifikasinya,” ujarnya.

Sebanyak 8 SIM D hari ini diterbitkan di Satpas Lotim. Mereka penerima SIM D tergabung dalam satu komunitas PPDI ( Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia ) Lombok Timur.

“Diharapkan dengan mereka memiliki SIM, mereka lebih nyaman dan aman dalam berkendara di jalan raya,” tutupnya. (STV-4)