Seleksi Tilawatil Qur’an Tingkat Kabupaten Lotim Bakal Dipusatkan di Desa Kerongkong

145

SELAPARANGTV.ID- Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-XXVI Tingkat Kabupaten Lombok Timur tingkat Sekolah Dasar Islam (SDI) sampai tingkat Dewasa bakal dibuka dan selanjutnya digelar di Desa Kerongkong, Kecamatan Suralaga, Lombok Timur. 

Para anggota panitia gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-XXVI Tingkat Kabupaten Lombok Timur bertempat di Bal Rom lantai II Kantor Bupati Lotim Jum’at (18/09) untuk mematangkan persiapan.

Sekda Lombok Timur Drs. H.M.Juaeni Taoupik, menjelaskan, Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-XXVI Tingkat Kabupaten Lombok Timur perlu diterapkan Protkol Kesehatan.

Acara yang sudah ditetapkan di Desa Kerongkong itu, diharapkan bisa berjalan lancar meski nantinya tidak seramai tahun lalu sebelum Pandemi covid-19. Namun yang harus dipastikan pada acara itu adalah tetap jaga jarak serta hindari kerumunan dan paling penting tetap makai masker .

Selanjutnya kata Sekda untuk meramaikan dan meriahkan acara ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan KOMINFO untuk menyiarkan Live di Televisi (TV) dan dimuat di media Cetak dan Online.

“Saat ini media juga menjadi garda informasi, untuk itu pesan saya kepada panitia supaya koordinasi juga agar dibantu menyiarkan kegiatan ini,” kata Sekda.

Sementara itu, Kabag Kesra Dr. H. Pathur Rahman menyampaikan, kepada panitia penyelenggara yang sudah mempunyai seksi atau bidang, agar bekerja dengan baik dan bekerja sesuai dengan bidang masing – masing untuk mensukseskan acara ini.

“Kegiatan ini dari 30 September selama satu minggu, dikedepankan tetap mematuhi protokol kesehatan,” Ujarnya.

Dikatakannya, bahwa kegiatan ini akan atur dan diupayakan dengan maksimal. mulai dari tingkat anak-anak hingga dewasa . Jenis yang dilombakan juga bergam ada Tahfiz, Kori’ah dan sebagainya. Disetiap jenis lomba itu ada standar penilaiannya.

Selain itu ia juga menjelaskan, ada beberapa mekanisme, setiap Kecamatan akan seleksi, yang juara di Kecamatan nanti dibawa ke Kabupaten dan lomba lagi di tingkat Provinsi tahun 2021 ini. 

“Pondok Pesantren Darus shomad Kerongkong sudah siap dan kita cek kesiapannya,” ungkapnya

Ditambahkannya, mengenai pendaftaran nantinya itu urusan teknis dari seksi Musabbaqoh,”Kita dibatasi karena ada pandemi Covid-19,” imbuhnya. 

Namun yang perlu diawasi adalah masyarakat yang menonton acara, supaya diperketat dan berikan mereka imbauan untuk menjaga jarak, dan memakai masker untuk mensukseskan acara yang barokah ini. (STV-4)