Hubungan Industrial Pekerja Dengan Perusahaan Harus Tetap Berjalan di Masa Pandemi Covid-19

102

SELAPARANGTV.ID – Saat pandemi covid-19 yang melanda Lombok Timur bahkan seluruh se Indonesia, membuat karyawan Hotel dan Perusahaan dirumahkan sementara, melihat kondisi saat ini Lombok Timur akan menuju new normal hubungan industrial pekerja dengan perusahaan harus tetap berjalan seperti biasanya.

Kepala Seksi Hubungan Industrial Disnakertrans Lotim, Subhan Bahtiar menyampaikan saat ini masyarakat Lotim akan siap menuju era new normal, sedangkan para wisatawan yang menginap di hotel kebanyakan dari mancanegara. Namun saat ini semua negara kemungkinan menghentikan warganya berwisata ke Lotim ataupun ke NTB dikarenakan adanya pandemi covid-19.

“Kalau kita lihat wisatawan yang menginap dihotel yang ada dilombok timur ini mungkin belum ada, karna adanya covid-19 ini, kalau masalah bukanya tempat wisata dilombok timur ini sudah dibuka tapi pengunjungnya hanya tamu lokal saja. Ungkap Subhan, Rabu (24/06/2020).

Lanjutnya, melihat karyawan yaang dirumahkan itu sekitar 116 orang dengan rincian PT. Hotplanet 33 orang, Ekasbreaks Resort 33 orang, Java bloam 32 orang dan Greent Hayyak 18 orang, terkait dengan dirumahkannya karyawan ini hak-haknya seperti upah karyawan tetap dibayar sesuai dengan kesepakatan pihak perusahaan dan karyawan tersebut. Ucapnya

Ia juga menyampaikan selama pandemi ini pihak Dinas tetap mengacu pada surat edaran Kementerian Ketenagakerjaan, yang dikeluarkan pada tanggal 17 Maret 2020, NO : M/3/HK.04/III/2020, yang bunyinya pada point 2 no 4, Bagi perusahaan yang melakukan pembatasan kegiatan usaha akibat kebijakan pemerintah daerah, guna mencegah dan penanggulangan covid-19, sehingga menyebabkan sebagian atau seluruh pekerja atau buruh tidak masuk kerja dengan mempertimbangkan kelangsungan usaha, maka perubahan besaran maupun cara pembayaran upah karyawan dilakukan sesuai dengan kesepakatan antara pengusaha dengan karyawannya. ini yang kita sosialisasikan ke tiap-tiap perusahaan.

Sementara itu, Kepala Bidang HI Dan Jamsos, Mulki, menyampaikan saat kita memasuki new normal ini, sebagian perusahaan sudah mulai buka tetapi tamunya yang dari luar masih kosong, saat ini kita tetap memantau dan memonitoring sekaligus memotivasi pihak perusahaan untuk segera menyikapi new normal ini dan faktanya kita lihat hotel maupun restoran tamunya sudah ada yang datang tapi hanya berasal dari lokal saja. Ucapnya

Saat ini kita juga meminta agar pihak perusahaan agar tetap mempekerjakan karyawannya yang sudah dirumahkan itu, tapi walaupun sudah dirumahkan kalau ada kebutuhan hotel maupun restoran mereka tetap dipanggil, artinya kondisi saat ini masih tetap kondusif antara perusahaan dan karyawan masih tetap baik.

sementara itu, hak – hak karyawan juga tetap terjamin, upah karyawan tetap diberikan sesuai kesepakatan, melihat dari itu hubungan industrial antara perusahaan dan karyawan sangat baik. (Stv_5)