PA Selong, Mulai Terapkan Sistem Online

161

SELAPARANGTV.ID – Semua perkara atau sengketa yang diselesaikan dipengadilan agama selong bisa dilakukan secara online.

Kepala Pengadilan Agama Selong, H. Gunawan menyampaikan saat ini kasus perkara maupun sengketa bisa diselesaikan lewat online

“tidak perlu mengantru lagi di kantor pengadilan agama, cukup daptar selesaikan administrasi secara online dan tinggal menunggu jadwal persidangan, dan persidangan ini dilakukan dikantor pengadilan agama atau ditempat sang pelapor,” ucapnya, Senin (20/01).

Berdasarkan Peraturan dari Mahkamah Agung Nomer 1 tahun 2019 tentang berperkara secara elekronik, dan semua pengacara yang mendampingi kelayennya sebelum melakukan persidangan bisa menyelesaikan administrasinya lewat online, dan tidak perlu kekantor pengadilan agama tinggal menunggu panggilan saja

“Sistem ini kita terapkan mulai pada tanggal 02 januari kemarin, dengan sistem ini, pengacara wajib hukumnya untuk berperkara secara online”, kata Kepala Pengadilan Agama Selong.

Lanjutnya, Dengan sistem ini sangat memudahkan dan tidak perlu mengantri di kantor PA Selong, karna dengan sistem ini perkara yang ada bisa diselesaikan lewat online, mulai dari administrasi, pembiayaan, pembayaran, pemberitauan, dan panggilan untuk melakukan persidangan.

Ia juga mengatakan dengan ada sistem online ini, yang bersangkutan tidak perlu capek capek ngantri mengurus administrasi, cuma hanya datang ke kantor pengadilan agama hanya membuka akun E_Litigasi untuk mengajukan gigatan dan dengan sistem online ini biayanya juga murah, dan tidak menguras tenaga, cukup lewat online saja, tutupnya (Stv_5)