Wujudkan Perlindungan PMI, Disnakertrans Lotim Lakukan Pendataan Terhadap PJTKI

163

SELAPARANGTV.ID- Dalam rangka menjamin serta mewujudkan perlindungan, hak dan kewajiban yang di peroleh Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan diberangkatkan oleh Perusahan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI). Dalam hal ini Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kamis (16/01) bertempat di penginapan bunga Masbagik melakukan pendataan terhadap perusahan dimaksud .

Kasi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Subhan Bahtiar mengatakan bahwa dalam menjamin pemberangkatan dan penempatan terhadap PMI yang di berangkatkan oleh perusaahan Disnakertrans wajib melakukan pendataan terhadap perusahan apakah perusahan tersebut mengantongi izin atau tidak.

Selama pendataan ternyata perusahan yang saat ini tengah melakukan sosialisasi dalam rangka rekrutmen tenaga kerja sudah memiliki izin dan tidak menemukan adanya penyimpangan.

“Kita tidak menemukan izin yang menyimpang karena sudah sesuai dengan prosedur, regulasi dan peraturan perundang -undangan,” kata Subhan

Ditambahkannya kepada Perusahan maupun tenaga kerja harus wajib mentaati regulasi dan peraturan perundang-undangan baik itu UU no 18 Tahun 2017 tentang perlindungan pekerja dan UU no 13 Tahun 2003 tengatang Ketenagakerjaan dan Peraturan Derah Kabupaten Lombok Timur .

Namun dirinya menagskan jika ada PJTKI maupun tenaga kerja yang menyimpang dari izin maka pihak Disnakertrans Lotim tidak segan-segan memberikan sanksi, terhadap jenis pelanggaran yang dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Untuk itu pihaknya menghimbau agar perusahaan atau CPMI agar mendatangi Disnakertrans untuk melengkapi segala persyaratan terutama surat izin tenaga kerja yang dikirim keluar negeri agar tidak terjadi perselisihan yang berakibat pada perusahan dan Tenga kerja. ( STV)