Tahun 2020, Masjid Kuno Presak Desa Lenek Pesiraman Akan Dipugar

898

SELAPARANGTV.ID – Pemerintah Desa Lenek Pesiraman Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur pada tahun 2020 akan melakukan pemugaran Masjid Kuno Presak Desa Lenek Pesiraman, pernyataan ini lontarkan Kepala Desa Lenek Pesiraman M. Surya Jaya Baitul Yadin saat ditemui Selaparangtv.id diruang kerjanya, Selasa (17/12)

“Masjid kuno itu merupakan bangunan cagar budaya. dan merupakan peninggalan leluhur kami masyarakat paer Lenek ,” kata Surya Jaya

Dikatakanya bahwa anggaran yang digunakan untuk melakukan pemugaran bersumber dari Dana Desa sebagai bagian dari program pelestarian cagar budaya.

Untuk arsektur bangunan masjid tersebut tetap mengacu pada khas bangunan Masjid Kuno di Pulau Lombok dengan bahan dari bambu dan atap ilalang

“Kita akan mendengar masukan para tokoh adat dan budaya tentang design bangunan Masjid tersebut, tetapi yang pasti bahan bangunnya akan menghindari bahan yang digunakan masa sekarang ini ” tegasnya.

Menurut sejarah, Masjid Peresak Desa Lenek Pesiraman semula merupakan masjid yang didirikan Raden Wirabangbaya yang merupakan tokoh pendiri Desa Lenek.

Dalam beberapa informasi tersebut bila dihubungkan dan ditilik data tentang sejarah masuknya agama Islam di Lombok yaitu sekitar abad ke 16 hingga pertengahan abad ke 18, maka bisa diperkirakan rentang waktu tersebut Raden Wirangbaya mendirikan masjid tersebut ( STV)