Dari Workshop Jurnalistik : Selaparang TV Melayani Kepentingan Publik

119

SELAPARANGTV.ID– Hakekat keberadaan Selaparang TV sebagai lembaga penyiaran publik lokal adalah berupaya menyajikan program siaran yang berpihak pada kepentingan masyarakat luas.

“Kami berusaha menyajikan program siaran mulai berita dan lain sebagainya yang dihajatkan untuk bisa memenuhi harapan masyarakat di Lombok Timur,”kata Lalu Saparudin Aldi SS, Direktur LPPL Selaparang TV dalam paparannya sebagai narasumber pada Workshop Jurnalistik Dasar Guru Madrasah se-Pulau Lombok yang diselenggarakan Radio Ummat Al Hamzar di Kampus STIKES Hamzar, Kamis (12/12).

Menurutnya, siaran Selaparang TV sejauh ini memang belum optimal memenuhi harapan masyarakat Lombok Timur karena secara teknis dan infrastruktur memang terkendala jangkauan siaran yang terbatas terutama siaran analog alias siaran tanpa parabola.

”Namun kami terus berusaha menyiasatinya dengan mengembangkan konsep siaran 3 in 1, bersiaran analog dan live streaming, juga mengembangkan portal berita Selaparangtv. id dan siaran radio online, SelaparangTV Radionet. Intinya kami ingin memudahkan pemirsa mengakses siaran Selaparang TV melalui semua saluran yang tersedia termasuk media sosial,”paparnya.

Sejumlah pertanyaan dilontarkan peserta terkait program siaran yang dinilai tidak tepat jam tayang dan belum bisa diakses melalui TV kabel. Ada juga pertanyaan tentang komitmen Selaparang TV menjalankan fungsi kontrol sosialnya.

Terkait hal itu, Lalu Saparudin Aldi secara tegas menyebutkan bahwa Selaparang TV berusaha menyuaarakan kepentingan semua pihak, tidak saja masyarakat tetapi juga pemerintah Lombok TImur.

Dia bahkan mengaku kerapkali menerima protes dan keberatan sejumlah pihak yang merasa pemberitaan Selaparang TV merugikan pihak mereka.

”Selaku pimpinan, saya wajib bertanggungjawab atas apapun pemberitaan Selaparang TV dan kami berusaha professional menjalankan tugas. Kalaupun ada yang merasa dirugikan karena menilai kami sepihak. Justru kami terbuka untuk memberikan mereka ruang hak jawab, silakan gunakan kesempatan itu,”tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Apenk Aldikara Lalu ini juga membeberkan sejumlah program unggulan yang secara konsisten diproduksi mulai program berita Jendela Selaparang, Jalan Ummat, Potret Kehidupan, Tarung Pepadu, Cerita dari Desa dan lain-lain.

”Ya alhamduillah, karya kami setahun terakhir ini telah mendapat apreasiasi dan pengakuan dari pihak lain termasuk dari lembaga negara seperti KPID NTB yang memberikan penghargaan kepada Program Jendela Selaparang sebagai program Berita Terbaik Anugerah Penyiaran KPID NTB 2019, ”tuturnya bangga.


Sementara itu, Ketua KPID NTB, Yusron Saudi mengakui bahwa LPPL Selaparang TV memang ditetapkan sebagai pemenang Kategori Program Berita Terbaik untuk acara Jendela Selaparang, sesungguhnya murni melihat dan mencermati kualitas program tersebut yang lebih baik dari program sejenis dari pesaingnya yang lain.

”Banyak keunggulan program itu dari berbagai sisi, mulai kualitas isi berita, teknik penyajian dan juga teknik produksi, memang kali ini Jendela Selaparang dinilai yang terbaik oleh Dewan Juri. Saya sebagai mantan praktisi TV juga bisa tahu dari gambar visual yang dihasilkan, menggunakan berapa kamera, dan sisi artistik yang lain,”pungkasnya. (STV)