DPMD Mulai Sosialisasikan Perbup Baru Tahun 2019 Tentang Pemekaran Dusun dan Desa

1555

SELAPARANGTV.ID- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lombok timur muali melakuakn soaiaalisisai terkait Peraturan Bupati (Perbub) yang Baru No 22 Tahun 2019 tentang tata cara penataan Desa dan Perbub No 33 Tahun 2019 Tentang tata cara penataan Dusun.

Kabid DPMD Lukma Nul Hakim saat ditemui diruang kerjanya Rabu (11/12) mengaku bahwa terkait perbub yang baru dan diperlukan untuk penataan dan pemekaran Dusun dan Desa maka pihaknya perlu melakukan soaiaalisisai terhadap 239 Desa dan 21 Kecamatan yang ada diwilayah Lombok timur sesuai dengan visi misi Bupati Lombok timur. Sehingga dengan adanya sosialisasi ini, maka pihak yang berkepentingan dalam hal ini Dusun dan Desa bisa menjadi Dasar hukum atau acuan ketika melaksanakan pemekaran dan tidak lagi mengacu pada perbub yang lama yakni Perbub no 12 Tahun 2019.

“Awalnya kan kita menggunakan perbub no 12 tahun 2019 tentang pemekaran Desa dan sekarang kita sesuaikan kembali dengan peraturan yang baru dan sudah mulai kita laksanakan dari bulan September sampai dengan saat ini,” Kata Lukma

Lukman menjelaskan terkait isi perbub lama dan baru antara lain Perbub no 12 tahun 2019 sudah jelas jumlah jiwanya yakni 250 jiwa 25 KK dan sekarang berubah menjadi Perbub no 33 Tahun 2019 dimana jumlah jiwanya tetap 250 jiwa sementara jumlah KK nya 65. Termasuk dengan penataan Desa yang diatur dalam Peraturan Mentri Dalam Negri (Permendagri) No 1 Tahun 2017 tentang penataan Desa dengan persyaratan khusus di Nusa Tenggara Barat diatur bahwa syarat pemekaran desa itu jumlah penduduk 2500 jiwa atau 500 KK inilah yang diatur begitu dengan pengaturan yang lain lainnya.

“termasuk bagaimana pembentukan Desa, penggabungan Desa, penghapusan Desa, bisa saja terjadi penggabungan Desa selain pemekaran atau pembentukan Desa baru, Serta penghapusan Desa menjadi Kelurahan dan Keluaran menjadi Desa sesuai Perbub no 22 Tahun 2019,” Tegasnya

Sementara dalam peraturan Permendagri no 1 Tahun 2017 tidak dicantumkan jumlah Dusun di Satu Desa sebagai persyaratan pembentukan Desa namun melalui perbub yang baru ditetapkan dalam satu Desa ada 3 Dusun yang dijadikan persyaratan pemekaran Desa . (STV_4)