Pemda Lotim Siap Fasilitasi Biaya Operasi Pemisahan Kembar Siam Inayah dan Anayah di RSUD R. Soedjono

448

SELAPARANGTV.ID- Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur melalui Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R. Soedjono Selong bakal menjamin dan menanggung biaya operasi pemisahan Inayah dan Anayah yang rencananya akan dilaksanakan di RSUD. R. Soedjono. Dimana Tim Kembar Siam yang melakukan pemisahan terhadap pasien langsung di datangkan dari RSUD Dokter Suetomo Surabaya.

Konferensi Press yang berlangsung sore tadi di Aula RSUD. R. Soedjono, Selasa (10/12) yang di hadiri Tim pusat pelayanan Kembar Siam terpadu Dari Surabaya, Pemda Lotim yang diwakili Sekretaris Daerah serta Dokter Tim dari RSUD R. Soedjono dan orang tua pasien kembar siam.

Pada Kesempatan tersebut Ketua Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu Dr. Agus Harianto S.pA(K) menyatakan, bahwa setelah dilakukan pertimbangan antara semua pihak baik itu Tim kembar siam Surabaya, Tim dari RSUD Selong dan orang tua pasien bahwa diputuskan untuk pelaksanaan kegiatan operasi akan dilakukan di Selong yang sebelumnya telah di pertimbangkan dengan berbagai alasan kemanusian dan persiapan yang matang.

Namun meskipun semua sepakat akan tetapi belum bisa terlaksana karena masih dalam proses pengadaan alat yang memadai, sehingga pelaksanaan operasi kembar Siam akan dilakukan setelah semua fasilitas alat kesehatan sudah tersedia. ” Kita akan upayakan untuk operasi di Selong sambil membenahi SDM serta peralatan kesehatan, dengan begitu bisa meningkatkan derajat seluruh kepentingan bukan kembar siam saja dan kedepannya tidak tergantung pada RSUD Soetomo, karena kami sudah banyak sekali menangani kasus tersebut yakni 106 kasus dan kami ingin seluruh rumah sakit di Indonesia bisa memberikan pelayanan terhadap kasus kembar Siam ,” Bebernya

Ditambahkannya dengan dilaksanakan di Selong bisa mengurangi biaya dan juga bisa menjadikannya sebagai Rumah sakit satu-satunya di NTB yang sudah memiliki peralatan serta skill Knowledge para tenaga medis. Oleh karena itu kita memberi kesempatan rumah sakit selong ini agar lebih lengkap lagi sehingga nantinya bisa melayani masyarakat lebih banyak.

“kembar siam ini merupakan hikmah untuk masyarakat kabupaten lombok timur, oleh karena itu kami tim surabaya nanti akan membantu melaksanakan semua itu di sini dan mudah mudahan upaya dari pada rumah sakit bisa terlaksana dan semua itu bisa berhasil,” Katanya

Sementara itu di tempat yang sama Sekda Lotim H. Rohman Farli menjelaskan, bahwa ini sebagai anugrah karena proses kembar siam yang kondisinya sehat dan kondusif akan lebih memungkinkan dilakukannya operasi dan insyaallah bisa diselamatkan. Untuk itu saat ini kita akan fokus untuk mempersiapkan perlengkapan peralatan, supaya kegiatan operasi dapat dilakukan di rumah sakit ini, dengan dilakukan disini maka sedikit tidak Daerah kita bisa di kenal oleh masyarakat luas, sehingga upaya peralihan tipe rumah sakit menjadi tipe B bisa terlaksana lebih cepat dan rumah sakit yang tipe dibawahnya bisa beralih ke tipe C.

Direktur Utama RSUD R. Soedjono Selong Kabupaten Lombok Timur Dr. Hasbi Santoso menjelaskan terkait peralatan yang harus dilengkapi untuk memulai operasi
dikatannya secara normatif seluruhnya sudah memenuhi standar namun ada satu alat yang belum kita miliki yakni alat pentilator sebagai alat bantuan pernapasan ketika bayi ditidurkan. Untuk itu tahun 2020 kita sudah anggarkan peralatan tersebut melalui Dana DAK sebesar 3 Milyar dan kita berharap alat tersebut secepatnya ada agar operasi bisa dilaksanakan. Mengenai biaya operasi Pemda Lotim siap memberikan bantuan pembiayaan.

Dikatakan Hasbi untuk biaya operasi kembar Siam saja minimal harus menyediakan dana2 sebesar 1,5 Milyar. Biaya tersebut murni untuk operasi karena akan melibatkan 18 sampai 20 Tim dan membutuhkan waktu 8 jam sampai 12 jam dan belum termasuk biaya pengiriman keluarganya dan dokter pendamping.

Sementara Ibu pasien kembar Siam bernama Husniati saat ditemui wartawan di sela-sela konfrensi pers mengucapkan berterimakasih kepada Pemda Lotim yakni Bupati dan Wakil Bupati dan RSUD R. Soedjono Selong sebagai penyedia layanan yang saat ini bersedia membantu membiayai operasi anak kami. ” Saya berharap semoga segala urusan persiapan menjelang operasi bisa berjalan lancar dan kedua anak saya Inayah dan Anayah bisa menjalani operasi dengan selamat,” Harapnya
(STV_4)