10 Kali Mencuri 2 Pelaku Begal Dihadiahi Timah Panas

573

SELAPARANGTV.ID- Kedua Sindikat pencuri dengan kekerasan (Curat ) yang sudah 10 kali melakuakn aksinya diwilayah hukum Polres Lombok Timur dan sangat meresahkan warga saat melintas menggunakan sepeda motor, akhirnya tidak dapat berkutik setelah aparat kepolisian menggerebek pelaku dirumahnya berdasarkan 4 Laporan yang diterima kepolisian. Tidak hanya itu Petugas juga mengamankan 2 orang penadah hasil pencurian.

Keempat pelaku masing-masing berinisial M.Roy Sopiandi alias Pian (27) warga Desa Senang, Kecamatan Pringgabaya dan Rian Saputra alias Rian (20) warga Dusun Rembiga, Desa Jeringo Kecamatan Suela. Sementara dua penadah lainnya Jalaludin alias Amaq Itu (42) dan Marsu’ud alias Su’ud warga Desa Jeringo, Kecamatan Suela.

Berdasarkan Keterangan Kapolres Lombok Timur melalui Kasatreskrim AKP. I Made Yogi Purusa Utama membenarkan Tim Resmob Satreskrim yang di back up Polsek Suela dan Polsek Pringgabaya berhasil mengungkap tindak pencurian dengan kekerasan pada hari Selasa (10/12) sekitar pukul 02.00 wita.

“Kita menangkap pelaku Pian dirumahnya selanjutnya dilakukan pengembangan terhadap teman pelaku yakni RIAN, namun saat dilakukan penangkapan kedua pelaku memberontak melawan petugas yang di bantu oleh keluarganya, dengan tujuan menghalangi proses penangkapan sekaligus berusaha membebaskan pelaku yang sudah dibawah kendali petugas, sehingga dilakukan tindakan tegas terukur dengan melumpuhkan pelaku dengan tembakan yang menembus betis kedua pelaku,” Jelas Yogi

Dijelaakannya, pelaku yang berjumlah 2 Orang melakukan aksinya pada malam hari dengan cara pelaku mengincar korbannya yang sedang melintas di jalan raya, saat korban melintas menggunakan sepeda motor dengan membawa barang berharga yang di simpan di dalam tas selanjutnya pelaku membuntuti korban dari belakang.Para pelaku kemudian melakukan aksinya terhadap korban ketika korban berada di jalur atau tempat sepi.

Pelaku selanjutnya menarik tas korban dari samping hingga terputus, sehingga beberapa korbannya terjatuh dari sepeda motor dan tidak sadarkan diri.
Pelaku yang selalu berhasil melakukan aksinya terus-menerus melakukan kejahatan serupa dengan modus yang sama dimana dalam satu aksinya korban Emanuel yang merupakan anggota TNI baru selesai melaksanakan Cuti dan berangkat dari rumah korban di Sumbawa menggunakan baju dinas bersama istrinya menuju pelabuhan Lembar, menjadi sasaran para begal.

Emanuel yang sampai di Desa Anjani, Kecamatan Suralaga di pepet oleh dua orang menggunakan sepeda motor dari arah belakang dan menarik tas istri korban yang berisi barang berharga, kemudian korban berusaha mengejar pelaku namun pelaku berhasil melarikan diri dengan membawa barang berharga milik korban berupa 1 Buah Cincin Emas, 1 Buah Gelang Emas, 1 Buah Kalung Emas, 1 Buah HP Oppo A37 F dan Uang Tunai Senilai Rp.2.500.000. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian senilai Rp.30.000.000 dan melaporkannya di Polres Lotim.

Saat dilakukan introgasi para pelaku mengakui perbuatannya dengan aksi kejahatan sebanyak 10 kali dengan modus yang sama yakni mengincar korban yang rata-rata menggunakan sepeda motor pada malam hari dan membawa barang berharga yang ditaruh di tas. Sementara hasil dari kejahatan pelaku berupa barang berharga milik korban dijual oleh pelaku melalui jual beli online.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan yakni berupa 1 Buah HP Oppo A37F, 1 Buah HP Samsung1 Buah HP Oppo, 1 Buah HP xiaomi,1 Unit Sepeda Motor Yamaha Vixion dan 1 Unit Sepeda Motor Yamaha Byson, 2 Ekor kambing yang dibeli oleh pelaku dari hasil kejahatan
bersata 1 Parang
dan 1 Celurit milik pelaku yang dilakukan melakuakn kejahatan.

Dalam catatan kepolisian bahwa sepeda motor yamaha vixion yang digunakan oleh pelaku ternyata sepeda motor tersebut merupakan sepeda motor curian yang terjadi beberapa waktu lalu di Desa Senang, Kecamatan. Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur.

Saat ini para pelaku dan barang bukti di amankan di Polres Lotim guna pengembangan dan Proses hukum lebih lanjut (STV_4)