Bupati Meminta Agar Dharma Wanita Persatuan Meningkatkan Peran dan Kinerjanya

88

SELAPARANGTV.ID- Bupati meminta Dharma Wanita Persatuan (DWP) sebagai organisasi para istri Aparatur Sipil Negara (ASN) meningkatkan perannya secara aktif untuk pembangunan SDM di daerah ini. Hal ini merujuk pula pada tujuan dibentuknya organisasi ini sebagai mitra strategis Pemerintah yaitu untuk meningkatkan kualitas anggota yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini selaras pula dengan tema peringatan HUT DWP ke-20, yaitu “Optimalisasi Kinerja DWP sebagai Mitra Strategis Pemerintah untuk Suksesnya Pembangunan Nasional”

Hal tersebut dikemukakan Bupati Lombok Timur selaku Penasehat Dharma Wanita Persatun pada resepsi HUT ke 20 Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lombok Timur di Gedung Wanita Selong Senin (09/12). Bupati mengingatkan DWP terkait agenda pembangunan di daerah ini seperti memerangi stunting, angka drop out, dan berbagai persoalan penting lain yang tengah dihadapi Lombok Timur.

Bupati juga sempat menyinggung peran DWP dalam meningkatkan hubungan sosial yang dapat berdampak pada percepatan pembangunan. Memberikan perhatian lebih kepada para anggota, dalam hubungan sosial, menurut Bupati akan berdampak positif terhadap kinerja DWP. Bupati mencontohkan adanya ASN yang terjerat rentenir akibat perilaku konsumtif, padahal Pemerintah memiliki lembaga keuangan yang dapat membantu memberikan jalan keluar lebih baik. Bupati juga berharap DWP dapat memberikan kontribusi guna menekan pengajuan kasus perceraian ASN yang banyak masuk ke BKPSDM akhir-akhir ini.

Sementara itu, dalam sambutan Ketua Umum Dharma wanita Persatuan Pusat yang dibacakan ketua Dharma Wanita Parsatuan Kabupaten Lombok Timur Ny. Hj. Sukaenah Rohman Farly mengatakan Pada Hari Ulang Tahun yang ke-20, yang tepatnya jatuh pada tanggal 7 Desember 2019, dimana Peringatan tahun ini mengangkat tema ” Optimalisasi Kinerja DWP sebagai mitra Strategis Pemerintah untuk Suksesnya Pembangunan Nasional”. Dengan perasaan bangga dan optimis menuju organisasi yang profesional sebagai mitra strategis pemerintah yang simpatik, dengan tetap memperhatikan tujuan organisasi yaitu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan kesejahteraan anggota serta memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.

Pelaksanaan program kerja DWP yang menggunakan sistem e-Reporting dari unsur pelaksana di semua tingkatan kepengurusan, dan mengacu kepada Renstra DWP 2015-2019 tergambar jelas akurat dan menggembirakan, semangat bekerja membangun organisasi yang ditunjukan pengurus dan anggota DWP di seluruh Indonesia dan DWP di 132 perwakilan RI di Indonesia, potensi perempuan merupakan asset nasional yang harus terus menerus dikembangkan guna menyambut tantangan perkembangan dalam kegiatan bernegara dan memberikn kontribusi Pembangunan Nasional.

Pada tanggal 11 dan 12 Desember 2019 yang akan datang juga akan digelar MUNAS IV DWP guna merumuskab Rencana Strategi DWP 2020-2024 yang mengacu kepada RPJMN 2020-2024.

Penguatan organisasi DWP diperlukan pula untuk membekali dan memandu para anggotanya memasuki era globalisasi, diantaranya melalui pemenuhan SDM yang tangguh dan berdaya saing, pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi serta kolaborasi dengan mitra strategis yang semakin kuat.

Dharma Wanita Persatuan yakin dan optimis mampu membangun organisasi yang lebih modern dan profesional disertai program-program pengembangan dan peningkatan kualitas anggota DWP yang berkesinambungan.

Peringatan Hari Ulang tahun Dharma Wanita Persatuan ke-20 di Kabupaten Lombok Timur diisi berbagai kegiatan, seperti Seminar, lomba masak, talk show mencegah perkwinan anak, serta memberikan bantuan seragam dan peralatan sekolah kepada 30 orang anak yang kurang mampu, di samping pemberian bantuan paket sembako kepada masyarkat di Kecamatan Selong, Labuhan Haji, dan Sukamulia.

Hadir pada acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, Anggota DPRD Lotim, Kepala OPD lingkul Pemda Lotim, Camat, Ketua Organisasi Wanita, dan Para Ketua DWP se Kabupaten Lombok Timur (STV_4)