KPU Mataram “Launching” Tahapan Pilkada 2020

130

SELAPARANGTV.ID– Komisi Pemilihan Umum Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, melakukan “launching” tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 untuk mengingatkan kembali pelaksanaan pemilihan wali kota dan wakil wali kota yang akan digelar pada 23 September 2020.

“Launching” pilkada tersebut dilakukan Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana dan dihadiri Ketua KPU Kota Mataram M Husni Abidin, Ketua KPU Provinsi NTB Suhardi Soud, Ketua DPRD Kota Mataram Didi Sumardi, Ketua Bawaslu Kota Mataram Hasan Basri, Kepala Bawaslu Provinsi NTB Muhammad Khuwailid, Kejari Mataram M Yusuf serta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) setempat di di Lapangan Bumi Gora Udayana, Mataram, Minggu.

Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mengatakan, acara ini untuk menyampaikan kepada publik hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkada yang akan dilaksanakan pada tahun 2020.

“Peristiwa politik itu nanti diharapkan bisa memberikan dampak yang baik dan positif bagi masyarakat, bisa memberikan nilai-nilai edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Selain itu, mampu meningkatkan kualitas cara berdemokrasi sekaligus menjadi salah satu parameter untuk melihat bagaimana kinerja tatanan pemerintah daerah, dan juga bisa mengukur sejauh mana kualitas kerja lembaga politik di dalam menyikapi peristiwa-peristiwa politik yang ada di daerah maupun di pusat.

Mohan menjelaskan KPU merupakan instrumen yang sangat menentukan terhadap keberhasilan berlangsungnya tahapan pilkada, sehingga KPU harus mampu melaksanakan seluruh tahapan, perencanaan pilkada secara matang, objektif, dan adil.

“Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi penting untuk mengawali seluruh rangkaian tahapan pilkada yang akan berlangsung pada tahun 2020,” katanya.

Wakil wali kota berharap baik tahapan pelaksanaannya maupun perencanaannya bisa dilaksanakan sematang mungkin agar produk yang dihasilkan nanti dalam peristiwa politik ini benar-benar dapat berjalan dengan baik, kondusif, dan tentu dengan cara yang penuh suka cita.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Mataram Husni Abidin mengatakan, dalam waktu dekat ini KPU Kota Mataram akan menerima penyerahan dukungan bakal pasangan calon perseorangan yaitu tanggal 19-23 Februari 2020.

Selanjutnya untuk jalur partai politik, jalur perseorangan, jalur suara sah partai politik di DPRD Kota Mataram akan diterima pendaftaran seluruhnya pada tanggal 16 Juni-18 Juli 2020.

“Untuk masa kampanye nanti dilaksanakan pada 17 Juli sampai September 2020,” katanya.

Terkait dengan itu, pihaknya mengingatkan seluruh masyarakat Kota Mataram untuk menyukseskan Pilkada 2020, karena pelaksanaan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Mataram tahun 2020 adalah bagian dari hak masyarakat.

“Hal itu bagian dari hak politik masyarakat dan bagian daripada kepentingan kita semua, sukseskan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram tahun 2020, untuk kita menuju Mataram Jaya,” ujarnya.

“Launching’ tahapan Pilkada 2020 yang dilakukan saat kegiatan ‘car free day’ itu dirangkaikan dengan ‘launching’ Maskot Pilkada Kota Mataram dan ‘jingle’ berjudul ‘Mataram Jaya’,” katanya. (Ant)