Wakil Gubernur NTB Kunjungi Situs Sejarah Wadu Pa’a, di Desa Kananta

127

SELAPARANGTV.ID – Saat kunjungan kerja ke Kota dan Kabupaten Bima, Minggu (08/12/2019), Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitii Rohmi Djalilah, Bupati Bima, Hj. indah Damayanti Putri, SE dan Walikota Bima, H. M. Lutfi menyempatkan diri mengunjungi situs bersejarah Wadu Pa’a, di Desa Kananta, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima.

Oleh para sejarahwan dan peneliti bahwa Wadu Paa dikaitkan dengan awal berdirinya Kerajaan Bima pada abad 14 masehi , namun lebih jauh lagi mengenai Wadu Paa setelah diteliti oleh para Arkeolog bahwa situs tersebut dibuat (dipahat) pada abad 8 Masehi, umurnya jauh lebih tua dari Kerajaan Bima seperti yang tertera pada pahatan tulisan salah satu tebing di bagian utara. Jika dilihat dari abad pembuatannya berarti Bima sudah mempunyai aktifitas maritim dan peradaban pada saat itu.

Pada Wadu pa`a (Batu Pahat) terdapat beberapa bentuk pahatan untuk pemujaan Hindu bercampur dengan Budha, yang dibuktikan dari pahatan relief Ganesha, Budha, Chattra, Lingga dan Siwa Mahaguru. Relief tersebut dibuat pada sebuah tebing di pinggir pantai Desa Kananta, Soromandi, mempunyai dua bagian antara utara dan selatan yang berjarak kurang lebih 80 meter.

Bagi sobat Humas yang pengen tahu situs bersejarah ini, bisa langsung ke sana, sambil menikmati keindahan pemandangan alam dan pantai di Teluk Bima.(STV)