TNI – BPBD Lotim Berikan Bantuan Korban Puting Beliung

311

SELAPARANGTV.ID- Angin puting beliung yang memporak-porandakan sejumlah rumah warga Dusun Purwakarta Transat, Desa Padaku Goar, Kecamatan Sambelia Jum’at (29/11) kemarin, menyisakan trauma. Dengan segera TNI bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lombok Timur Sabtu (30/11) menyerahkan bantuan secara langsung kepada korban puting beliung.

Dandim 1615/Lotim Letkol. INF. Agus Dony yang diwakili Danramil Sambelia Kapten Inf. Safi’i
mengatakan, bencana angin puting beliung telah memporandakan tiga unit rumah warga Desa Padak Goar Kecamatan Sambelia.

Namun sebelum penyerahan bantuan, diawali dengan kegiatan karya bhakti gotong royong pembersihan puing – puing rumah.

Pemilik rumah I Made partha, I Wayan Rosana dan Musatafa saat menerima bantuan mengatakan bahwa tidak menyangka secepat ini tanggap darurat yang dilakukan oleh Pemda Lotim bersinergi dgn TNI AD yang ada di Lombok Timur.

Sementara ditempat terpisah Dandim 1615/Lotim letkol INF Agus Dony mengatakan bahwa sesaat setelah adanya bencana aparat teritorial utamanya Babinsa desa setempat dibantu Babinsa se Koramil Sambelia melakukan pembenahan kerusakan sekaligus pendataan dampak bencana.

Dandim berharap kepada seluruh masyatakat Lotim untuk senantiasa siaga dan waspada dalam menghadapi seluruh kemungkinan bencana yang diakibatkan perubahan musim yang tdk bisa diduga.
Demikian pula diungkapkan Kepala Bidang Tanggap Darurat BPBD Lotim, Lalu Rusnan.
Pihaknya sesegera mungkin bertindak cepat dengan memberikan bantuan sementara berupa terpal, tikar dan selimut.
“Bantuan permanen akan diberikan secepatnya berupa bahan-bahan material guna perbaikan rumah yang rusak akibat puting beliung,” jelas Rusnan.
Bantuan tersebut kata Rusnan, mengantisipasi jika terjadi hujan atau kepanasan..
Bantuan tersebut diberikan kepada dua rumah berada di Dusun Transad dan satu rumah yang berada di Dusun Timuk Borok, Sambelia.
(STV-4)