Lomba Desa Wisata 2019: Kembang Kuning Peringkat Satu Tingkat Nasional

1623

SELAPARANGTV.ID- Sudah diprediksi sejak awal, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, NTB, bakal memenangkan Lomba Desa Wisata Tingkat Nasional 2019 kategori desa berkembang.

Kembang Kuning memperoleh skor penilaian tertinggi yakni 1.125 mengalahkan Desa Tebara, Sumba Barat, NTT yang berada diposisi kedua dengan skor 1.121.

Sebagai peringkat pertama yang diumumkan tertanggal 25 November 2019 oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI ditandatangani oleh tim penilai diantaranya H. Mukhlis, Dra. Ni Wayan Giri, A.M.Sc, H. Febby Datuk Bangso, M.Par, Brigjen TNI, Rido Hermawan, M.Sc dan Irwan Thamrin

Pengumuman Kembang Kuning sebagai peringkat satu sesuai dengan tertera Dalam Berita Acara Nomor. 1014/PMD.08.05/XI/2019 Sesuai surat keputusan yang dikeluarkan Dirjen PPMD No. 294 tahun 2019.

Sementara, Desa Wisata kategori Maju diraih oleh Desa Kertayasa, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Menjadi Desa Wisata terbaik Tingkat Nasional 2019, tak lepas dari inovasi yang dilakukan oleh stakeholder ditingkat pemerintahan desa.
Termasuk peran serta Kepala Desa Kembang Kuning, Lalu Sujian, dalam memajukan sektor pariwisata di wilayahnya.

Menurut Lalu Sujian beberapa waktu lalu, sektor pariwisata dapat mendongkrak perekonomian masyarakat nya.
BUMDes yang digagas pemerintah desa dikelola secara profesional dengan bekerjasama dengan pelaku-pelaku wisata lainnya. termasuk Pokdarwis dan unit-unit kegiatan masyarakat lainnya. Bahkan bantuan pihak lainnya dikelola dengan mendirikan home stay dan penginapan lainnya guna menunjang kegiatan kepariwisataan.

Disisi lain, Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy mengungkapkan rasa salutnya kepada Desa Kembang Kuning dalam menggiatkan ekonomi wisata didesain. Bahkan, Sukiman Azmy berjanji akan membangun fasilitas pendukung dalam kegiatan pariwisata. Bukan hanya di Kembang Kuning tetapi di wilayah lainnya yang memiliki potensi untuk dikembangkan sektor pariwisata. (STV)