EDITORIAL : Hari Guru Nasional, Guru Pembangkit Kesadaran

114
Beragam cara peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh setiap tanggal 25 November digelar. Mulai dari pelaksanaan upacara, ceremonial hingga lomba dan hiburan yang biasanya diprakarsai oleh siswa-siswi sekolah setempat.
Namun, kegiatan tersebut bukanlah inti dari sebuah rangkaian Hari Guru Nasional (HGN), melainkan makna dibalik peringatannya. Terkadang, kita kerapkali dikelabui oleh setiap peringatan hari jadi dengan cara hura-hura. Tanpa mempertimbang arti dari sebuah perjuangan apa itu pendidikan.
Peringatan Hari Guru Nasional sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi pada pahlawan tanpa tanda jasa.
Hari Guru Nasional pertama kali ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden No. 78 tahun 1994.
Definisi guru adalah seseorang yang berjasa karena mendidik, membimbing hingga memotivasi dalam dunia pendidikan.
Guru sering dimaknai sebagai figur yang digugu dan ditiru.
Figur terdepan dalam melahirkan orang cerdas dan berakhlak. Menciptakan seorang pemimpin dan orang-orang ahli sesuai bidangnya.
Guru adalah pahlawan, dan tanda-tanda kepahlawanannya terukir pada keberhasilan semua orang-orang besar yang anda kenal.
Jadikanlah guru-gurumu sebagai orang terhormat. Sehingga ilmu-ilmu terbaik datang kepadamu.
Seorang guru bukan hanya dia yang berprofesi sebagai guru melainkan siapa saja yang ikhlas dan rela berbagi ilmu dengan orang lain.
Seorang guru akan selamanya menjadi guru, meskipun anda telah melupakan ilmu yang Anda pelajari dari mereka. Bahkan meskipun Anda telah melupakan wajah mereka.
Guru ibarat lilin, yang menghabiskan dirinya sendiri untuk mencerahkan kehidupan orang lain.
Pengabdian, Perjuangan dan keikhlasannya mendidik putra putri negeri bagai pelita dalam kegelapan.
Guru bagaikan lilin yang selalu menerangi setiap kegelapan, semoga setiap peluh lelahnya melahirkan generasi tangguh dan berjiwa negarawan.
Guru adalah pahlawan, dan tanda-tanda kepahlawanannya terukir pada keberhasilan semua orang-orang besar yang Anda kenal.
Tidaklah salah bila sebagian besar orang-orang yang dianggap berjasa tersebut mendapat ucapan yang sangat spesial.
Berbagai penghargaan dari mereka yang telah menempuh dunia pendidikan akan menyadari betapa berartinya peran seorang guru, pendidik dan pembimbing dalam membina seseorang yang bakal merubah sebuah peradaban.
Jadikanlah guru-gurumu sebagai orang terhormat. Sehingga ilmu-ilmu terbaik datang kepadamu.
Kau memberi asa, namunku patahkan
Kau memberi kebahagiaan, namunku hiraukan
Sebegitu besarkah kasihmu padaku?
Aku baru tersadar ketika aku mulai besar
Selamat Hari Guru Nasional 2019. Mari majukan pendidikan dan sejahterakan guru demi masa depan bangsa yang gemilang.
Semoga dengan Hari Guru Nasional, mampu membangkitkan kesadaran kolektif guru dalam meningkatkan disiplin dan etos kerja untuk penguatan pendidikan karakter . (*)