Kominfo Lotim, Buka Pembekalan Wartawan Media Online Lotim

77

SELAPARANGTV.CO –Ketua Forum Wartawan Media Online (FWMO) Lombok Timur, Syamsul Rizal mengatakan, pembekalan bagi profesi jurnalistik terutama di Media Online sebagai upaya untuk menjaga kode etik khususnya wartawan di Lombok Timur.

“Untuk melihat kondisi dilapangan banyak sekali temen – temen kita dalam menjalankan tugasnya belum sesuai dengan kode etik dan aturan yang sesuai dengan Undang-undang pokok Pers”, beber Syamsul Rizal saat membuka diskusi pembekalan wartawan media online Sabtu, (16/11).

Diskusi bertema menjaga kode etik jurnalistik dan marwah kewartawanan, menurut Rizal, menjadi bagian penting dalam menjalankan profesi didunia jurnalistik.

Demikian pula yang dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi ( Kominfo ) Lombok Timur, Ahmad Masfu bahwa kegiatan seperti ini penting untuk diaksanakan agar sama-sama membagi atau ‘sharing’ pengalaman, diskusi dalam memperkuat fungsinya dalam menjalankan tugas kewartawanan di Lombok Timur ini.

“Dalam menjalankan tugas sebagai wartawan, harus sesuai dengan keilmuannya, seperti informasi yang disuguhkan betul-betul dari fakta yang akurat, lalu diolah kemudian dipublikasikan langsung ke masyarakat,” pintanya seraya menambahkan, dengan demikian, informasinya bisa dipertanggung jawabkan.

Ia juga menambahkan Pers punya peran penting dalam kehidupan bernegara, karena itu disebut sebagai kekuatan ke-empat dalam demokrasi dinegara kita ini.

Selain dari 3 pilar negara yaitu eksekutif, legislatif dan yudikatif, Pers merupakan pilar kekuatan ke – 4.

Oleh karena itu, media saat ini penting menjaga marwahnya dan menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. (STV-5)